Desa Kesugihan Di Launching Sebagai Kampung Tangguh Nusantara

Jajaran Polsek Kalianda dan Kepala Desa kesugihan saat peresmian Kampung Tangguh Nusantara di Desa Kesugihan. foto: (Ambi)

Lampung selatan, Aspirasirakyatlampung.com -  Jajaran Polsek Kalianda laksanakan peresmian Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Desa Kesugihan, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), sabtu (27/2/2021), sekira pukul 10:00 WIB bertempat di aula kantor Desa Kesugihan.

Mewakili Kapolres Lamsel AKBP zaky Alkazar Nasutiuon, mewakili Kapolsek Kalianda AKP Mulyadi Yakub, Kanit Binmas polsek kalianda Ipda Ilham masjinda berkesempatan untuk meresmikan giat itu.

"Pertama-tama, perkenankan saya untuk mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir pada hari ini, juga permohonan ma'af dari bapak Kapolsek kalianda dikarenakan satu dan lain hal sehingga beliau tidak bisa hadir disini," ucap  Kanit binmas polsek kalianda Ipda Ilham masjinda mengawali pidato sambutan.

Kanit Binmas Ipda Ilham masjinda  itu kemudian memaparkan bagaimana dan apa saja upaya-upaya yang dilakukan oleh kepolisian untuk meyiapkan masyarakat dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19.

"Salah satu tujuan prioritas pembentukan kampung tangguh nusantara yakni untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, " jelasnya.

Disamping itu, kampung tangguh nusantara juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dimasa pandemi. Mengingat, penyebaran Covid-19 masih ada dan terjadi disekeliling kita. 

Oleh karena itu, diharapkan kedepannya dengan adanya kampung tangguh nusantara ini, terutama masyarakat yang berdomisili ataupun tinggal di kampung tangguh bisa bertahan hidup dalam kemandirian. Kondisi sulit ditengah pandemi malah akan melecut semangat masyarakat untuk berkreasi memanfaatkan apa saja yang ada di sekitarnya sebagai pertahanan hidup.

"Program kampung tangguh ini, akan dipersiapkan di seluruh desa di Kabupaten Lampung Selatan. Agar terbentuk masyarakat mandiri dan tetap kreatif dalam mengupayakan pertahanan kehidupannya, "pungkas  Kanit Binmas Ilham masjinda

Pada kesempatan itu, Kades Fajri Suryadi Putra mengucapkan rasa terima kasih kepada yang hadir pada hari ini dan kepada jajaran Polsek Kalianda. Pihak pemerintahan Desa sangat mendukung upaya pemerintah dalam memberantas penyebaran covid 19 ini.

Lebib lanjut Kades Fajri mengatakan, dalam menyambut bulan Suci Ramadhan untuk menyikapi (Arus Mudik) keluar masuknya masyarakat yang dari luar daerah.

"sebentar lagi menyambut bulan Suci Ramadhan, yang pasti warga desa yang berdomisisli diluar daerah akan melakukan Arus Mudik kita harus antisipasi, "imbuhnya.

"kita lakukan pendataan yang mana nanti kita ber koordinasi bersama satgas covid 19, tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 yang kemungkin bisa terbawa oleh masyrakat kita dari luar daerah, "lanjutnya.

Ia mengharapkan, semoga masyarakat dapat bertahan hidup dan bersinergi dalam menangani virus covid 19.

"Kedepan, saya berharap kepada seluruh masyarakat dan aparatur desa dapat bersinergi menangani virus covid 19, dan dapat bertahan hidup secara mandiri, "harap Kades Kesugihan sembari mengakhiri.

Acara diakhiri dengan seremonial peresmian pemotongan pita kampung tangguh nusantara oleh Babinkamtibmas Ilham, dilanjutkan pengecekan posko kesehatan dan rumah isolasi kampung tangguh.

Hadir dalam giat itu, Perwakilan Polsek Kalianda  Kanit Binmas ,Kepala desa Kesugihan, Babinsa, BPD, Perangkat Desa dan perwakilan masyarakat Desa Kesugihan. (Ambi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.