Puskesmas Kecamatan Penengahan Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Pertama 2021

Polsek Penengahan ,Kepala KUA, Kepala  UPT Puskesmas , Camat Penengahan. Foto: (Ambi)

Lampung selatan, Aspirasirakyatlampung.com- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Penengahan gelar Lokakarya Mini (Lokmin) lintas sektoral bidang kesehatan pertama tahun 2021 di aula Puskesmas Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (25/2/2021).

Selain Kepala UPT Puskesmas Penengahan Rosalina S.Kep. M.Kep. dalam kegiatan itu hadir  juga Camat Penengahan Erdiyansyah S.M. M.M, Kepala KUA Penengahan Agusnadi Kusairi S.Ag. Kepala UPT Peternakan M.Nur. Kepala UPT Perikanan, Kepala UPT Pertanian, Kepala UPT PU ,Korwil II Pendidikan, para Kades Sekecamatan Penengahan dan para Bidan Desa Se-kecamatan Penengahan.

Kepala UPT Peternakan, Kepala UPT Perikanan, Kepala UPT Pertanian, Kepala UPT PU ,Korwil II Dinas Pendidikan, Kepala Desa Se-kecamatan Penengahan dan Bidan Desa Se-kecamatan Penengahan. Foto: (Ambi)

Penyelenggaraan program kesehatan tidak terlepas dari peran lintas sektor yang ada, atas prihal itu, UPT Puskesmas Penengahan melaksanakan kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor di bidang kesehatan.

Kepala UPT Puskemas Rosalina menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan program management puskesmas yang memang wajib di laksanakan. "sebagaimana awal,  kita untuk membuat komitmen dengan lintas sektor, Karena tanpa dukungan dari lintas sektor tidak mungkin berjalan",ucapnya.

Kegiatan ini, kata Rosalina, mencakup  pembahasan kegiatan pada tahun 2020 lalu atas pencapaian  yang telah di raih.

Kepala UPT Puskesmas Penengahan Rosalina foto : (Ambi)

"Inti kegiatan ini kita juga membahas kegiatan yang mencangkup pada tahun 2020 lalu, mana yang belum tercapai dan mana yang sudah tercapai, dan mencari solusi untuk mencapai hal yang belum tercapai, "ujarnya.

"kita berikan materinya ada 3 prioritas yg kita sampaikan yang pertama tentang stunting, yang ke dua bagaimana penanganan indikasi Paru-paru, yang ke tiga penyakit tidak menular seperti tingginya angka hipertensi diabetes melitus yang ada dikecamatan penengahan, "lanjutnya.

Selaku kepala UPT Puskesmas Rosalina mengharapkan dukungan dari segala lintas sektor yang ada di wilayah kecamatan penengahan untuk berkomitment menuntaskan 3 Program Prioritas itu.

" Saya meminta dukungan dari lintas sektor untuk 3 program prioritas tadi bagaimana berkomitmen bersama untuk menuntaskan nya",pintanya.

Di luar dari pada itu,  terkait Vaksinasi Kepala puskemas Rawat inap Penengahan tersebut menginformasikan bahwa Vaksinasi Tahap kedua yang di tujukan untuk masyarakat, ASN dilingkup kecamatan, TNI, Polri, Tenaga Pendidik, Pedagang, Buruh, Tukang Ojek dan Lansia ,tengah menunggu arahan dinas kesehatan lamsel.

"untuk vaksinasi ini gratis tidak dipungut biaya sepeser pun",tegasnya . 

Pada kesempatan yang sama, Camat Penengahan Erdiyansyah dalam kegiatan tersebut untuk meningkatkan penerapan program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yang terdiri dari  5 pilar kegiatan yaitu, stop buang air besar sembarangan, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga.

Selain itu, pengelolaan sampah rumah tangga, pengelolaan limbah cair rumah tangga air dan sanitasi merupakan kebutuhan utama masyarakat yang sangat penting guna tepenuhinya kualitas air minum dan sanitasi yang layak.

"di mana jika hal tersebut terpenuhi maka peningkatan produktifitas masyarakat pun akan terjadi, serta kebersihan lingkungan juga harus di jaga, gotong royong dan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan",tutup mantan camat kalianda tersebut.(Ambi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.