Ratusan Hektar Sawah Dikecamatan Palas Ajukan Untuk Mendapat Bantuan Puso

Foto: Saprudin Selaku Pengendali organisme pengganggu tanaman (POPT) saat mengecek lokasi sawah petani terendam banjir


Lampung selatan, Aspirasirakyatlampung.com
Ratusan Hektar Sawah Petani Di Tujuh Desa
Kecamatan Palas Ajukan  Bantuan  puso kedinas Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Lampung Selatan. tujuh desa tersebut yakni
Desa Bali Agung , Desa Bumi Asih, Desa Bumi Daya, Desa  Pematang baru , Desa Sukamulya, Desa suka bakti, Desa sukaraja.

Hal ini di ungkap Saprudin Selaku Pengendali organisme pengganggu tanaman (POPT) Usai mengecek lokasi sawah petani tardampak banjir di bantaran sungai wai pisang. Selasa (16-2-2021)

Menurut Saprudin, dari hasil tinjauan di lokasi sawah petani sepanjang sungai way pisang yang saat ini terendam Akibat menyempitnya way pisang sehingga air tidak bisa tertampung, selain itu juga banyaknya sampah-sampah yang menyumbat aliran air sungai itu sehingga sungai meluap dan  berakibat terendamnya sawah di sekita sungai way pisang.

"Tadi saya mengecek bendungan air simpang kenahat yang ada di desa Sukaraja itu sangat dangkal ahirnya karena tidak tertampung air naik ke permukaan.
Pada waktu air naik banjir karena posisi sudah tinggi saluran airnya, jadi pada saat surut air tidak bisa, turun ujan tiap hari,"ujarnya.

"harusnya begitu hujan air yang naik kesawah itu turun ke kanal , tapi siring-siringnya sudah dangkal juga ahirnya air tertahan ,  ke kali pisang dan way sekampung itu kan sudah dangkal semua.
Ahirnya air diam tidak bergerak terjadi  penyumbatan hingga tanaman  padi petani terendam",imbuhnya.

Di ceritakan saprudin, Sudah satu bulan ini pasang surut, namum begitu hujan turun terendam lagi padi petani. harapannya  tiga hari kedepan kering.

"Kalau padi umur 40 hari ini sudah rusak, rata-rata tanaman padi petani 7 samapai 40
hari "ucapnya.

Masukan dari beberapa petani, yang terdampak banjir, lanjut saprudin, harapan mereka ada normalisasi  karena aliran kali way pisang sudah terjadi pendangkalan.

Dikatakan saprudin, Untuk petani yang tidak mendapat bantuan Poso pihak UPTD Pertanian sudah mengusulkan kedinas untuk bantuan cadangan benih nasional ( CBN).

" Para petani yang sawahnya terendam banjir, sangat mengharapkan bantuan dari dinas terkait, mudah-mudahan segera terealisasi.

Dari data yang terhimpun, Ribuan hektar sawah petani di kecamatan Palas kabupaten Lampung Selatan terendam  air  yang  menyebabkan banyak tanaman padi  gagal panen.(Endri)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.