Iklan lambar

Iklan lambar

Kebutuhan Pupuk Subsidi di Desa Ruguk Tidak Mengalami Kekurangan

Saun ketua  Gapoktan Ruguk jaya

Lampung selatan, Aspirasirakyatlampung.com - Kebutuhan pupuk subsidi untuk petani di desa ruguk kecamatan Ketapang pada musim tanam di awal tahun 2021 tidak mengalami kekurangan. Hal ini di tuturkan Saun selaku ketua Gabungan kelompok tani (GAPOKTAN) Ruguk Jaya di kediamannya, minggu (4//4/2021).

"Sementara ini kita tidak kekurangan pupuk. jadi belum kita minta kekurangan apa bila di akhir tahun ada pertemuan antara K.upt dengan seluruh pengecer di seluruh kecamatan ketapang akhir tahun biasa nya kekurangan, tapi ini kan awal tahun insya allah tidak kekurangan",ucapnya.

Sebelum musim tanam, kata dia, seluruh kelompok tani yang tergabung selalu memesan pupuk lebih awal sehingga ketika akan memupuk pupuk sudah ada di rumah masing-masing kelompok tani.

Berdasarkan data yang di terima aspirasirakyatlampung.com, dari 35 kelompok tani yang memiliki luas lahan 336,25 hektar membutuhkan pupuk Urea 827.000.62,5 kg/tahun Dan kebutuhan NPK sebanyak 496.237,5 kg/tahun dan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) masing-masing kelompok tani di buat berdasarkan kebutuhan dan luas lahan.

"Petani kami Mayoritas tanaman jagung.Dari 35 kelompok tani yang ada di desa ruguk saya sebagai ketua gapoktan ruguk jaya desa ruguk kecamatan ketapang sementara ini tiap tahun alhamdulillah tidak pernah kekurangan pupuk",ujar dia.

"harapan ke pemerintah untuk menangani kebutuhan pupuk diharapkan yang subsidi tetap,sesuai data yang di buat kelompok tani masing-masing biar masyarakat ingin meningkatkan kesejahteraan terutama kebutuhan pupuk tidak kurang sehingga hasil panen meningkat sampai masyarakat tani yang makmur",tutup Saun yang telah menjabat ketua gapoktan sejak 2012 lalu.(Endri)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.