Iklan lambar

Iklan lambar

Balai Penelitian Agroklimat Dan Hidrologi Bogor Gelar Bimtek Peningkatan Kepasitan Petani Kecamatan Penengahan


Lampung selatan, Aspirasirakyatlampung.com -  Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi Bogor Gelar Bimbingan Teknis peningkatan Kapasitas Petani kepada puluhan kelompok tani se-kecamatan penengahan di aula GSG Raden Intan kecamatan setempat, kamis (29/4/2021).

Hadir pada giat bimtek ini , kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPH dan Bun) Lampung Selatan Bibit Purwanto, kabid penyuluh DTPH dan Bun lamsel, kepala balai penelitian Agroklimat dan hidrologi Bogor. Upt pertanian penengahan sutrisno, para penyuluh dan puluhan perwakilan kelompok tani kecamatan penengahan.

Dalam sambutannya, kepala dinas TPH dan Bun lampung selatan Bibit Purwanto mengatakan bimbingan teknis ini bisa menambah ilmu pengetahuan para petani tentang Cuaca Extrime. " Di penengahan ini dilihat dari medannya jarang sekali terjadi banjir, jadi ini merupakan potensi yang sangat besar,"ucap mantan camat sragi. 

Terkait Program-program unggulan kementerian pertanian RI seperti kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk petani dan Asuransi Usaha Tani Bisa di manfaatkan para petani supaya Maju modern. "Di beberapa wilayah sudah banyak mendapat Fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR),"ujar dia.

Kemudian, selaku narasumber dari balai penelitian Agroklimat dan Hidrologi karmila menjelaskan pada giat bimtek ini membahas tentang Cuaca yakni Hujan Extrime dan pengairan.

"Jadi curah hujan extrime iti banyak mempengaruhi mengakibatkan bencana dilahan pertanian kita. Kalau curah hujannya terlalu tinggi bisa menyebabkan banjir, kalau kemaraunya terlalu panjang bisa terjadi kekeringan, Selain itu juga bisa menyebabkan ganguan hama tanaman,"ucap dia. 

Dengan mengetahuai apa itu hujan Extrime, lanjut dia, di harap petani bisa bersiap-siap contohnya waktu tanam kemarau cepat datang atau musim hujannya lebih singkat maka petani mempercepat masa tanam. " Kalau musim hujannya lebih pendek petani bisa siap-siap melakukan penanaman lebih cepat, "jelas dia.

Kemudian, Aripin selaku kepala Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi Balai Penelitian dan pengembangan pertanian Bogor menegaskan tujuan di adakan bimtek ini untuk menambah wawasan petani terutama tentang Cuaca dan Pengairan.

" Minimal bapak ibu yang hadir di sini ada penambahan wawasan,"ucap dia.

Acara bimtek ini, kata arifin, jadwalnya di hadiri Sudin.SE, Ketua Komisi 4 DPR RI yang Membidangi pertanian kehutanan, perikanan dan kelautan, namun karena ada kegiatan di bandar lampung beliau tidak bisa hadir.

" Mewakili pak sudin, saya sampaikan permohonan maaf, karena beliau tidak bisa hadir, namun mudah-mudahan kegiatan kita ini ada manfaatnya bagi kita semua, "tutup dia.

Salah satu ketua kelompok yang hadir di acara bimtek ini mengaku mendapat tambahan wawasan pada acara bimtek tersebut. "Bimtek ini sangat bermanfaat, kita jadi tahu tentang cuaca curah hujan extrim dan cara mensiasatinya,"ucap meroza ketua kelompok dari desa kekiking.(Ambi)





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.