Iklan lambar

Iklan lambar

Panitia Pilkades Desa Kekiling Sambangi Kantor Camat Penengahan

Lampung selatan, Aspirasirakyatlampung.com - Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) pergantian antar waktu (PAW) Desa kekiling kecamatan penengahan sambangi kantor Camat setempat guna mempertanyakan kepastian acara pemilihan Pemimpin desa dengan di dampingi 2 orang Praktisi hukum, senin (5/4/2021).

Selaku Ketua Panitia Pilkades PAW , Ibnu Hajar menceritakan permasalahan yang tengah dihadapi Timnya terutama tentang penetuan mata pilih yang sangat alot prosesnya.

 "Atasan kami ini adalah BPD, jadi kami di beri kewenangan untuk menentukan mata pilih maka kami laksanakan waktu itu, menetukan 5 orang saja tarik menariknya luar biasa. Ya artinya kalau bapak (kadis pmd dan camat) mengikuti sidang itu sangat alot",kata dia.

Untuk menentukan mata pilih ia menyakini sudah memenuhi 13 unsur yang ada dalam aturan. Agar tidak ada keragu-raguan,kata dia, langkahnya seperti apa yang harus di lakukan. kalau memang harus Musyawarah dusun (musdus) pihaknya siap melaksanakan. 

"Kalau harus musdus, ok kita laksanakan musdus. Orang-orang yang sudah keluar kita ajak lagi termasuk mata pilih itu orang-orang yang berbakal ada. Nanti 13 unsur itu kita hadirkan, ini ada unsur tokoh agama, ada aparatnya. Karena mata pilih ini tidak di terima ya kami kembalikan",papar dia.

Lebih rinci, Sekretaris panitia Pilkades PAW, Budi Setiawan Mengatakan pihaknya telah melaksanakan proses tahapan pilkades ini sejak beberapa bulan lalu sehingga menguras pemikiran dan tenaga seluruh panitia dan BPD.

"kewenangan pilkades sebenarnya ada hak sepenuhnya kepada panitia pilkades",ucap dia.

Sebagai panitia pilkades,terus dia, mereka merasa sedikit di korbankan karena selama terbentuk panitia sudah bergulat dengan segala pemikiran. "Pembentukan panitia saja jujur saya katakan ini rumit prosesnya. 

" Mundur lagi, sudah muncul tanggal 5 bergeser lagi jadinya gak jelas, oleh sebab itu maka saya mengaharapkan kedepan hal ini tidak terulang lagi. Karena ini sudah terjadi dengan rasa kecewa saya terima. Artinya pemerintah kabupaten dan kecamatan harus nya proaktif jangan sampai ini terjadi lagi, itu harapan saya pak jangan sampai terjadi lagi",harapnya.

Dihadapan seluruh panitia, Kepala dinas PMD lamsel, Rohadian sampaikan permohonan maaf atas tertundanya penyelenggaraan pilkades PAW desa Kekiling kendati dirinya belum sempat berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan karena ada agenda kedinasan.

" Pilkades di masa pandemi ini harus ada protokol kesehatan, persiapan panitia, artinya tidak ada unsur-unsur apa pun. Saya minta maaf kalau suatu hal negatif, mudah-mudah pilkades ini sukses",ucapnya.

Setelah mendengar penyampaian dari Panitia Pilkades PAW, Erdiyansah selaku Camat penengahan sampaikan dukungan penuh prihal Pilkades PAW desa kekiling. Beberapa hari lalu secara langsung Ia sampaikan pada ketua panitia terkait pelengkapan (Tarup) akan di bantu dari pihak kecamatan.

"Selain tehnis memang harus juga mematuhi protokol kesehatan. Pak kadis mewanti-wanti nya disitu. dengan berapa jumlah mata pilih tentu kita menyesuaikan harusnya artinya sesuai lokasi, itu terpenuhi",ucap dia.

"Kesimpulannya, kita sepakati Pilkades PAW di desa kekilingn ini akan di laksanakan hari rabu tanggal 7 april 2021, silakan panitia melaksanakan. kita harapkan, insya allah terpilih pemimpin yang bisa memajukan desa kekiling",Tutup Erdiyansah. (Ambi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.