PT Tri Purnama Putra Dua Bulan Kerjakan Pembangunan Jalan Tampa Izin Dinas Terkait

 

Tanggamus,  Aspirasirakyatlampung.com - Pembangunan badan jalan yang di lakukan oleh PT Tri purnama putra di wilayah Pekon kampung baru tidak memiliki ijin dari Dinas satu pintu dan Dinas likungan hidup, pekerejaan tersebut sudah berjalan selama 2 bulan.

Saat di konfirmasi terkait perijinan dinas likungan hidup terkesan enggan memberi jawaban, " coba Abang ke bagian pengaduan, soalnya saya mau rapat, kami akan lebih tau permasalahannya," kata Asep Kabid perijinan  dikantornya Senin kemaren (24-5-2021)

Sementara menurut kasi pengaduan Purwanto kepada Aspirasirakyatlampung.com mengatakan " kalau ada laporan kami baru bisa menindaklanjuti, sementara karena ini dari media dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan Pekon kampung baru untuk memastikan dampak yang sebenarnya, tindakan kami hanya sebatas pembinaan hanya menyarankan untuk membuat ijin dan tidak dapat memberikan sangsi terhadap perusahaan tersebut," katanya.

PLT Dinas Satu Pintu yang merupakan asisten II Kepada Aspirasirakyatlampung.com mengatakan, pihaknya baru mengetahui Kegiatan PT Tri purnama putra setelah adanya pemberitaan.
" Kami baru tahu adanya kegiatan PT tersebut hari ini, coba nanti saya akan bicarakan dengan Kabid perijinan, maaf saya ada panggilan," kata Jonsen vanesa, SE, MM diruangannya Selasa (25-5-2021).

Dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 mengenai Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), berlaku sejak tanggal 5 Oktober 2009, pada Pasal 1 angka 35 disebutkan bahwa Izin Lingkungan merupakan izin yang diberikan kepada setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan yang wajib memiliki AMDAL atau UKL-UPL dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan sebagai pra-syarat untuk memperoleh Izin Usaha dan/atau kegiatan.

Dan sesuai dengan Pasal 109 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009, tentang PPLH Pasal 36 Ayat 1, diketahui mengenai sanksi bagi usaha dan/atau kegiatan yang tidak mengantongi Izin Lingkungan adalah pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun. Ditambah lagi dengan denda paling sedikit adalah Rp 1 Miliar dan paling banyak Rp 3 Miliar.

Izin Lingkungan adalah izin utama yang menjadi dasar dari semua perizinan lainnya bagi usaha dan/atau kegiatan. PT Tri purnama putra mengklaim hanya memiliki Eijin dari birokrasi terdahulu dikatakan Asrani merawi (Aang) perwakilan dari PT Tri purnama putra di balai Pekon kampung baru,"Tutupnya.
(Suhaili)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.