Iklan lambar

Iklan lambar

Program Rehabilitas Jaringan Irigasi Tersier TA 2021 Desa Ruguk Telah Rampung

Lampung Selatan, Aspirasirakyatlampung.com- Kelompok Tani Mekar Marmur Desa Ruguk kecamatan ketapang Tahun 2021 ini Terima Program Rehabilitas Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) dari Kementerian Pertanian RI.

Dikatakan oleh Abdullah Karim selaku ketua kelompok Bahwa Program yang di terima oleh kelompoknya tahun 2021 ini Berupa Pembangunan Saluran Irigisi yang terletak di Dusun Mekar Mulya pada Areal persawahan dengan luas 50 hektar .

" Panjang saluran Irigasi yang kami kerjakan ini sepanjang 135 meter dan kami tambah lagi 5 meter jadi genap 140 meter panjangnya, dana dari APBN jumlah dananya Rp.75 juta,"Ungkapnya

Pria yang sejak 2016 lalu Menjadi ketua kelompok Mekar Makmur ini pun Menyampaikan ucapan terima kasih pada kementerian pertanian RI yang memberikan Bantuan pada para petani yang ada di bawah naungannya.

" Kami kelompok tani Mekar Makmur sangat berterima kasih pada pemerintah (Kementan RI) yang telah membantu kami. tahun ini gak cuma irigasi saja, kami juga terima bantuan Bibit padi, yang di tanam sekarang ini ya itu bibit bantuan,"jelasnya seraya menujuk sawah yang telah ditanami bibit bantuan tersebut.

Sawah di daerah ini, kata karim, termasuk sawah tadah hujan yang bergantung sungai kecil yang ada di sekitar areal persawahan.

" Sawah-sawah disini tadah hujan. itu sungai kecil di Hulunya  gak ada sumber mata air, sungai ini buntung ya dari hujan lah airnya. Kalau musim hujan berlimpah, musim kemarau airnya surut,debit airnya gak stabil,"jelas dia.

"Kami berharap pemerintah membantu kesulitan kami, kami berharap dapat bantuan lagi, apa itu alat pengolahan tanah (traktor) kalau ada mah alat pemanen juga (combat ),"harapnya.

Selaku sekretaris kelompok tani  Mekar Makmur Wayan budi Menjelaskan bahwa saluran irigasi yang ada dilokasi tersebut total panjangnya berkisar 900 meter. "Yang di bangun ini baru 140 meter, sisanya belum masih panjang, mudah-mudan aja tahun tahun depan diterusin pembangunannya,"kata dia.

Selaku PPL Swada di desa Ruguk, Slamat Ryadi Membenarkan bahwa program Pembangunan saluran Irigasi Tersier yang dikerjakan oleh kelompok tani Mekar makmur telah Rampung.

" Alhamdullah sudah beres, selama pengerjaan tidak ada hambatan. Yang kerja orang sini yang memang anggota kelompok tani Mekar Makmur juga,"ucapnya memumangkasi.(Endri/Anesmi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.