Zulkipli Hasan Seangkonan Secara Adat Dengan Eric Thohir Menteri BUMN RI

 

Lampung selatan, Aspirasirakyatlampung.com - Wakil Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Pandu Kusuma Dewangsa.S.ip. hadiri prosesi acara seangkonan Muakhi atau pengangkatan Kerabat di adat Marga Dantaran antara Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Zulkifli Hasan dengan Menteri BUMN RI, Erick Thohir, Sabtu (19/6/2021).

Prosesi Peresmian Seangkonan Puakhi atau Pengangkatan Kerabat tersebut di gelar di Aula SMA Kebangsaan Kecamatan Penengahan Lamsel dengan dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Zulkifli Hasan S.E, M.M, Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN RI), Erick Thohir, B.A, M.B.A, Wakil Bupati Lamsel Pandu Kusuma Dewangsa, S. Ip, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PAN Lamsel, Kapolres Lamsel, Camat Penengahan, beserta para Tokoh Adat lima marga sai batin way handak. 

Pada acara tersebut Wakil Bupati Lamsel Pandu Kusuma Dewangsa dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten dan Masyarakat Lamsel sangat mengapresiasi dan mendukung prosesi adat ini. " Kegiatan semacam ini adalah suatu cara untuk mempertahankan budaya daerah ditengah arus globalisasi yang mengerus dan mengguncang exsistensi adat budaya kita,"Ucapnya.

Selaku Wakil Kepala Daerah Lamsel Pandu sangat bangga atas kegiatan prosesi adat seperti di marga dantaran ini. " Atas nama Pemerintah dan Forkompimda mengucapkan selamat datang pada bapak Zulhas dan  Eric Thohir,"Ucapnya.

Pemberian adok atau gelar ini, lanjut Pandu, oleh Marga Dantaran tentunya dilakukan  berdasarkan tata tertib adat Lampung Sai Batin Marga Dantaran sebagai ikatan persaudaraan lahir dan batin dimana H. Zulkifli Hasan seangkonan (Angkat saudara)  dengan H. Erick Thohir menteri BUMN RI. " Artinya beliau berdua telah Seangkonan Kakak dan Adik sah secara Adat, dan hubungan adat antara  Erick thohir dengan Masyarakat Adat Marga Dantaran dan Masyarakat Adat Marga lainnya di Lamsel,"ujarnya. 

Pandu mengajak masyarakat untuk menjunjung tinggi adat daerah di bumi khagom mufakat. "Dengan adat kita bisa terhormat, dengan adat kita bisa mempunyai harkat, dengan adat kita bisa mempunyai martabat,"Ungkapnya.

Selaku Sai Batin (Pemimpin hadat) Ahmad Pajrin Gelar Pangeran Naga Beringsang V,  dalam sambutan ia mengucapkan selamat datang pada Menteri BUMN RI di wilayah kehadatan Marga Dantaran, Ia juga memperkenalkan diri bahwa ia adalah sai tuha batin (Pemimpin hadat ) di marga dantaran.

" Kami sangat Hanggum (Bangga), suatu kebanggaan bagi kami wilayah marga dantaran didatangi tamu besar Menteri dan putra daerah  Zulkifli Hasan, "Ucap Sai Batin Marga dantaran Pangeran Naga Bringsang V.

Pada kesempatan itu, Wakil ketua MPR RI, H.Zulkifli Hasan dalam sambutannya mengajak Masyarakat Lampung untuk melestarikan adat budaya daerah. "Adat mesti kita lestarikan, ini perintah konstitusi yang tertuang dalam undang-undang untuk melestarikan adat budaya daerah Karena adat setiap daerah itu adalah sumber kekayaan Nasional kita, oleh karena itu harus kita lestarikan,"ajaknya.

''Oleh karena itu harus ada kerja sama Pemerintah Daerah dengan masyarakat adat , tokoh-tokoh adat dan masyarakat lainya agar ini lestari sesuai perkembangan zaman,"kata zulhas.

Zulhas menjelaskan ada tujuh masyarakat adat yang memiliki Aksara diantaranya masyarakat adat Lampung yang dari dahulu terkenal dengan Kain Tapis dan hal ini harus dilestarikan.

Acara prosesi seangkonan muakhi ( pengangkatan kerabat ) dimulai dengan pelantunan Ngias dan pengumuman adok yang di berikan  pada Erick Thohir Menteri BUMN RI yang di beri gelar atau adok "Raden Bangsawan" dengan ditandai pemukulan alat musik daerah (Gong). 

Erick Thohir Resmi di beri gelar Raden Bangsawan. Dalam sambutannya ia meminta dukungan pada masyarakat agar Provinsi Lampung menjadi tujuan wisata. Ia juga mengatakan sekarang ini semenjak dibangunnya jalan tol arus mobilisasi Lampung sudah meningkat 70 persen.

"Kita melihat potensi yang ada di Bakau Heni bisa menjadi wisata Nasional, dua tahun lagi Bakau Heni akan punya tempat wisata yang tidak kala  

"Kita melihat potensi yang ada di Bakau Heni bisa menjadi wisata Nasional, dua tahun lagi Bakau Heni akan punya tempat wisata yang tidak kalah dengan  daerah jawa,"ungkapnya.

Ia mengatakan sebelum pandemi covid-19 melanda, besar perputaran uang di bidang pariwisata di daerah itu ada di turis lokal sedangkan turis manca negara sangat sedikit. Ini kesempatan Provinsi Lampung untuk berkembang dilihat besarnya jumlah turis lokal dan kementerian BUMN RI akan mendukung Lampung untuk menjadi tempat wisata Nasional.

"Saya akan dukung Lampung jadi tempat wisata Nasional, terima kasih atas pemberian gelar pada saya. Gelar ini akan saya jaga dengan baik,"ucap Erick Thohir memungkasi.(Ambi)





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.