UPT Puskesmas Ketapang giat Vaksin di Bangun Rejo.

Lampung selatan, Aspirasirakyatlampung com - hari ini, UPT Puskesmas  Ketapang kembali adakan giat Vaksinasi untuk Ratusan warga desa bangun rejo kecamatan ketapang.

Giat vaksinasi ini di monitor langsung oleh Pihak Polsek penengahan dan berlangsung di balai desa setempat, kamis (1/7/2021).

Selaku kepala desa, Rohgianto mengatakan  pemerintah desa bangun Rejo sangat mendukung program Vaksinasi tersebut.

"Untuk program vaksin, pemerintah desa bangun rejo sangat mendukung sekali demi menjaga warga dari bahaya virus dan meningkatkan imun atau kekebalan tubuh warga.  alhamdulillah, antusias dari warga luar biasa,"ucapnya.

Ia mengatakan kegiatan Vaksinasi ini di fokuskan untuk warga desa bangun rejo namun memberi peluang juga untuk warga desa lain di kecamatn ketapang yang ingin divaksin. " Masyarakat kita di bangun rejo ini 70 persen sudah di Vaksin, kami didesa sudah ada 5 titik posko satgas covid dan himbauan kemasyarakat tetap jalan,"ungkapnya.

Dalam giat vaksinasi, Kapolsek penengahan,Iptu Setyo Budi  saat di wawancara oleh media ini ketika meninjau berlangsungnya kegiatan tersebut mengatakan Vaksinasi merupakan program pemerintah pusat sebagai upaya menghentikan pandemi. "terkait vaksinasi memang sudah diprogramkan oleh pemerintah pusat, kami TNI/POLRI sebagai pendukung untuk memberi vaksin secara maksimal,"ucapnya.

" Dan kita himbauan pada masyarakat supaya mau di vaksin karena vaksin ini sangat penting. Vaksin juga merupakan upaya pemerintah dari tingkat daerah mau pun pusat untuk memotong atau pun menghentikan pandemi,"ucapnya lagi. 

Menurut keterangan kepala UPT PUSKESMAS kecamatan ketapang, Samsu Rizal, giat vaksinasi hari ini merupakan lanjutan dan pihaknya telah melaksanakan giat Vaksinasi untuk warga kecamatan ketapang sebanyak 4 kali terpusat di desa Bangun Rejo.  "Sudah 4 kali , pada giat ketiga itu gebyar Vaksinasi POLRI dan hari keempat ini untuk warga desa bangun rejo,"ujarnya. 

Ia menjelaskan Pihaknya hari ini menyiapkan kuota vaksin untuk 200 orang dan dosis vaksin terpakai tiap orangnya antara 10cc sampai 11cc.  "karena keterbatasan waktu, khawatir kesorean, jadi  kuota vaksinasi hanya terpakai sebanyak 196. Vaksini kali ini terpokusnya untuk masyarakat bangun Rejo tapi kita tidak bisa menolak kalau ada warga desa lain datang untuk divaksin. Besok kita masih di bangun rejo target 150 orang, karena ini permintaan dari pihak desa,"urainya.

Selanjutnya, kata samsu, untuk kegiatan Vaksinasi tahap kedua akan dilaksanakan di Puskemas Ketapang. Diperkirakan sebanyak 3.000. warga kecamatan ketapang telah jalani vaksinasi tahap pertama dan itu diluar Tracer Tni/Polri.

Terkait Protokol kesehatan, pihaknya UPT Puskemas Ketapang terus lakukan himbaun agar warga tetap patuhi prokes tersebut. "Himbauan, penyuluhan kemudian kerja sama dengan Tni/polri dan aparat desa itu langkah yang kita ambil,"jelasnya.

Dari 17 desa di kecamatan Ketapang, tiap desa sudah ada sebagian warga telah jalani Vaksinasi.

"Pada kegiatan Polri kemarin itu 17 Desa di Kecamatan Ketapang dijatah ada 40, ada 30 dan ada  50 orang untuk 17 desa di pusatkan dua pos pertama di bangun rejo satunya lagi di pos vaksin desa sumur,"pungkasnya. (Anesmi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.