DPRD Lamsel Menggelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Menyaksikan Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo

 

Lampunga selatan Aspirasirakyatlampung.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI), H. Joko Widodo dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke -76, senin (16/8/2021).

Acara tersebut berlangsung secara virtual melalui zoom meeting, di gedung dprd setempa di hadiri oleh Ketua DPRD Lamsel Hendry Rosyadi, Wakil Ketua II Agus Sutanto, dan Wakil Ketua III Waris Basuki beserta para anggota dewan lainnya, sedangkan di tempat terpisah Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto beserta Wakil Pandu Kusuma Dewangsa dan pejabat lainnya berada di aula kantor dinas Bupati Lamsel.

Kemudian Presiden RI, H. Joko Widodo dan Wakil K.H Ma'ruf Amin bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo beserta wakil Lestari Moerdijat dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti beserta wakil dan para anggota, serta Lembaga-Lembaga Pemerintahan RI dan segenap pejabat lainnya berada di Aula MPR RI.

Presiden RI, H. Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, bahwa banyak hal bisa di pelajari pada saat masa pandemi covid -19 ini. "Kita ingin masa pandemi ini menerangi kita untuk memperbaiki diri dan menguatkan diri kita dalam mengahadapi tantangan masa depan, semua pilar kehidupan kita di uji, semua pilar kekuatan kita di acak, ketabahan, kesadaran, kebersamaan, dan kepandaian kita semua di uji, bukan hnya beban yang di berikan kepada kita tetapi kesempatan memperbaiki diri juga di ajarkan kepada kita, "katanya.

Sehingga pandemi covid-19 ini, lanjut Jokowi, bisa memacu untuk mengembangkan cara-cara baru dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama serta menerobos ketidak mungkinan. "Kita dipaksa untuk melakukan hal-hal baru yang di anggap tabu selama ini, seperti memakai masker, menjaga jarak, tidak bersalaman dan tidak membuat keramaian adalah suatu kebiasaan baru yang dulu di anggap tabu, "ujarnya.

Kemudian ia juga menuturkan bahwa, itu adalah suatu proses untuk menjadi bangsa  kuat, tahan banting, serta kokoh dan mampu memenangkan di pertandingan. "Perjalanan-perjalan sejarah bangsa Indonesia telah melalui ujian-ujian yang berat, alhamdulillah kita berhasil melampauinya, kemerdekaan RI bukan diperoleh dari pemberian atau pendakian, tetapi kita rebut melalui perjuangan di semua medan perang, "tuturnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, penyediaan layanan kesehatan mengalami peningkatan yang mengembirakan, baik dalam penambahan kapasitas tempat tidur, maupun fasilitas pendukung lainnya. "Ketersediaan obat, vaksin dan lainnya, masih menjadi kelemahan yang serius yang harus kita pecahkan, ketersediaan obat akan terus kita jamin, "bebernya.

Tak hanya itu, pemerintah juga harus bekerja keras dalam melakukan semua sumber daya demi mengamankan pasokan kebutuhan vaksinasional. "walaupun kita sangat berkonsentrasi dalam menangani permaslahan kesehatan, tetapi perhatian terhadap akidah-akidah Indonesia maju tidak berkurang sedikitpun, pengembangan SGM berkualitas tetap menjadi prioritas, penyelesaian pembangunan infrastruktur untuk mempersatukan indonesia, "terangnya.

Ia juga meminta agar pemerintah harus tanggap dalam merubah keadaan dari hari ke hari secara cermat. "Pengetatan mobilitas ini membuat pemerintah hrus memberikan bantuan sosial yang lebih banyak dibanding pada situasi normal, program PKH, Kartu sembako,despondestrim, subsidi gajih,bantuan produktis usahamikro, bantuan sosial tunai, dan program kartu prakerja juga terus di tingkatkan, serta kuota internet untuk daerah dampak PPKM juga semaksimal mungkin di berikan kepada pelajar dan pendidik, "imbuhnya.

Ia juga menyampaikan bahwa, pemerintah harus memastikan agar masyarakat bisa memperoleh pekerjaan yang layak dan mendobrak perekonomian nasional. "Struktur perekonomi kita yang selama ini lebih dari 55% nya di kontribusi kan oleh konsumsi rumah tangga, ini harus kita alihkan menjadi lebih produktif seperti, mendorong investasi, dan mendorong eksport, "jelasnya.

Pemerintah juga telah meluncurkan Online Single Submission (OSS), hal ini sangat mempermudah semua level dan semua jenis usaha. "Pengurusan perizinan, pengurusan insentif dan pajak bisa dilakukan jauh lebih cepat lebih transparan dan lebih mudah, kesempatan ini harus di manfaat kan oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha nya, "terangnya.

Sehingga hal ini diharapkan dapat mengakselerasi kualitas SDM nasional sekaligus meningkatkan produk dalam negeri. "Pada tahun 2020 nilai transaksi perdagangan digital indonesia mencapai lebih dari 253 Triliun rupiah, nilai ini di perkirakan akan meningkat menjadi 330,7 Triliun rupiah tahun 2021.

Tak lupa juga Jokowi menyampaikan ucapan terimaksih kepada lembaga-lembaga negara RI atas dukungan yang konsisten dan produktif selama ini."saya mengucapkan terimaksih sebesar-besarnya, yang utama adalah menyelamatkan rakyat, menyelamatkan rakyat adalah hukum tertinggi dalam kenegaraan, "ucapnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk memegang teguh nilai-nilai toleransi Bhineka Tunggal Eka, saling gotong royong, dan pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara. "kita jaga kesehatan kita, disiplin diri dalam protokol kesehatan serta saling menjaga dan saling membantu, Indonesia tangguh Indonesia tumbuh hanya bisa dicapai jika kita semua bahu membahu dan saling bergandeng tangan dalam mengahadapi pandemi ini, semoga Allah SWT senantiasa meridhoi dan mempermudah upaya bangsa indonesia untuk maju, "Pungkas Presiden RI seraya menutup pidatonya.

Kemudian, Pada kesempatan itu juga, Ketua DPRD Lamsel Hendry Rosyadi turut mengutarakan Bahwa kemerdekaan ini diraih dengan perjuangan dan dengan mengorbankan harta nyawa dari masyarakat pejuang RI dahulu.

"Mari kita sama-sama sebagai WNI yang sekarang hidup di masa pandemi ini, mari kita mengisi kemerdekaan ini dengan menggalakan gotong royong serta selalu menguatkan rasa kesatuan dan persatuan kita dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini, "Pungkasnya. (Ambi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.