Iklan lambar

Iklan lambar

Hamparan rumput laut di Pantai Karang Putih Menjadi Sumber Rezeki Warga

 

Aspirasirakyatlampung.com - Hamparan rumput laut di Pantai Karang Putih Pekon Putihdoh Kecamatan Cukubalak, Kabupaten Tanggamus, menjadi sumber rezeki bagi petani rumput laut sekitar.

Andi dan Zainuddin petani pemanen Rumput Laut Liar atau Kunsing setempat mengatakan, dirinya bersama warga sekitar setiap hari memanen kunsing disekitaran pantai karang putih.

Menurut keduanya, pengambilan rumput laut tersebut hanya bisa dilakukan saat air laut surut, dengan cara manual, hari ini air laut surut dari jam 11:00 sampai jam 15 sore,  dalam sehari satu orang bisa mengumpulkan sebanyak 10 karung ukuran 50 kg katanya.

" Namun setelah diproses dilakukan penjemuran selama setengah hari, dari 10 karung tersebut hanya menghasilkan 60 kg kunsing kering. Untuk 1 kg oleh pengepul dihargai RP 1.700, " Jelasnya. Mingu (26/9)

Untuk harga jual stabil menurut mereka, dan selagi ada pembeli atau penampung, mereka tiap hari akan mengumpulkan rumput laut tersebut. 

AspirasirakyatLmpg .com, mencoba mengkonfirmasi pengepul rumput laut konsing dirumahnya, namun yang bersangkutan sedang tidak ada dirumahnya Sampai berita ini diterbitkan belum ada penjelasan darinya,"Tutupnya.(Suhaili)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.