Iklan lambar

Iklan lambar

Hj. Winarni Nanang Ermanto Mensosialisasikan 1000 Hari Pertama Kehidupan , di Desa Kekiling

Lampung Selatan, Aspirasirakyatlampung.com - Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Hj. Winarni Nanang Ermanto mensosialisasikan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), di Desa Kekiling, Kecamatan Penengahan, rabu (6/10/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Persatuan Dharma Wanita  Lamsel Yani Thamrin, Kepala Dinas Kesehatan Jhoniansyah, Plt. Kepala Dinas Perikanan Dwi Jatmiko, kepala Dinas Pendidikan Ahmadin, Kadis PMD Rohadian, Kepala Bidang Dinas Catatan Sipil Rahman, Kepala Dinas Dalduk dan KB Eka Riantinawati, Kepala Dinas PP dan PA Anasrullah, Sekertaris BAPPEDA Aryan, Camat penengahan Jaelani beserta jajaran Uspika Penengahan dan Kepala Desa Kekiling Andi Saputra.

Dalam sambutannya itu, Hj. Winarni Nanang Ermanto menjelaskan maksud dan tujuan dari sosialisasi HPK ini. "Sejak dalam kandungan dari mulai hamil, hingga melahirkan sampai usia anak 2 tahun itu harus sudah di perhatikan, harus paham konsumsi gizi, memperhatikan gizi, itulah 1000 HPK, "jelasnya.

Selain itu, kegiatan sosisalisasi HPK merupakan suatu langkah kepedulian Pemerintah Lamsel untuk mencegah terjadinya stunting di wilayah Khagom Mufakat. "Masyarakat di berikan pembinaan, bagaimana cara penaggulangan dan pencegahan, supaya tidak ada lagi timbul stunting di desa-desa, "tuturnya.

Dalam hal ini,lanjut Hj.Winarni, tentunya perlu adanya kerjasama dari Lintas Sektor di Kecamatan Penengahan untuk mensosialisasikan hal tersebut. "Ini tugas kita bersama, bagaimana kedepannya di Lamsel ini bebas stunting permanen tidak ada lagi stunting, sampai masyarakat benar-benar memahami, bagaimana pencegahan stunting, dan mensosialisakin stunting, "cetusnya.

Kemudian Ia juga menyarankan kepada masyarakat setempat untuk menanam tanaman kelor di pekarangan rumah mereka, karena daun kelor merupakan tanaman mengandung nutrisi yang lengkap. "Kelor itu manfaatnya luar biasa, sehat untuk di konsumsi, untuk bayi, dewasa, sampai lansia bagus di konsumsi. Jadi daun kelor itu nutrisinya lengkap, vitaminnya banyak, dan tidak menimbulkan asam urat, "terangnya.

Selain mensosialisasikan 1000 HPK, Hj. Winarni juga meminta agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes), dan melakukan vaksinasi meskipun saat ini di Kabupaten Lamsel sudah PPKM Level 1. "Walaupun PPKM level 1, tetap kita menerapkan protokol kesehatan, jadi kegiatan masyarakat di batasi, dan harus vaksin, "imbuhnya. 

 Pada kesempatan itu juga, Hj. Winarni Nanang Ermanto menyerahkan bantuan berupa sembako kepada sejumlah warga setempat yang terkena stunting, serta menyerahkan sertifikat kepada 5 orang pelaku UMKM Desa Kekiling. (Ambi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.