Iklan lambar

Iklan lambar

APDESI Kabupaten Tanggamus Gaungkan Pekon Wisata di Tanggamus

Tanggamus, Aspirasirakyatlampung.comGuna untuk mengali potensi Pekon yang masih belum di manfaatkan secara baik, Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tanggamus gaungkan Pekon atau Desa Wisata di Tanggamus.

Kepada aspirasirakyatLmpg .com, Ketua DPC Apdesi Tanggamus, Zudarwansyah mengatakan, dari 299 Pekon dan 2 Kelurahan di Kabupaten Tanggamus memiliki sektor pariwisata alam terbuka, air terjun dan pantai yang jika dikelola oleh pekon menjadi sumber penghasilan dan memberikan sumbangan yang sangat baik untuk kemajuan dan kemandirian pekon.

Saat ini kata dia, masyarakat lebih menyukai alam terbuka untuk berwisata, karenanya mereka akan mendorong dan mengupayakan pekon untuk mengelola potensi tersebut. Selain wisata alam terbuka mereka juga akan mengali potensi keragaman budaya adat istiadat menjadi potensi wisata lokal pekon, untuk menarik minat wisatawan.

" Upaya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat pekon serta mengali potensi yang ada di pekon, mulai dari wisata alam terbuka, adat istiadat dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) apdesi akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan stake holder, pemerintah dan masyarakat sekitar wisata," Jelasnya. Mingu (28/1)

Menurut dia, memang masih banyak kendala untuk pengelolaannya dilapangan seperti, masalah kepemilikan lahan milik perseorangan, karenanya apdesi berharap kepada Pemkab Tanggamus, dalam hal ini Dinas Pariwisata untuk memberikan arahan serta pembinaan secara berkesinambungan untuk memberikan akses kemudahan, harapnya.

Dikatakannya, infrasteuktur jalan masih menjadi peehatian bersama, karena infrastruktur jalan paling berpengaruh dalam mendorong bangkitnya dunia wisata pekon Tutupnya.(Suhaili)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.