Iklan lambar

Iklan lambar

PMII Lampung Bersamaa Masyarakat Adat Sai Batin Lima Marga Mengelar Sedekah Bumi dan Doa bersama Menyambut Muktamar NU yang ke 34

 

Lampung Selatan, Aspirasirakyatlampung.com--PMII Lampung menggelar Sedekah Bumi yang memaknai Atas syukur bahwa tanah Lampung menjadi Tuan rumah Muktamar NU yang ke-34 bersama masyarakat Adat Sai Batin Lima Marga di Marga Ratu Keratuan Menangsi, Desa Taman Baru Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (11-12-21).

Kegiatan itu dihadiri langsung Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong ( Sultan Sekala Brak Yang dipertuan ke -23 ) Kepaksian Pernong Lampung, Pangeran Cahya Marga ( Sai Batin Marga Ratu Keratuan Ratu Menangsi ), Pangeran Tihang Marga ( Sai Batin marga Legun ), Pangeran Sesuhunan Sampurna Jaya ( Sai Batin Marga Ketibung ), Pangeran Naga Beringsang v ( Sai Batin Marga Dantaran ), Pangeran Penyimbang Agung (saibatin marga rajabasa) serta Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Lampung, PMII Cabang Se-Lampung, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) PMII dan Mabincab PMII.

Dalam kesempatan itu, Edward Syah Pernong mengatakan, dipilihnya Lampung sebagai tuan rumah Muktamar merupakan sebuah barokah. Sebab NU merupakan organisasi ulama yang memiliki jasa besar terhadap bangsa Indonesia.

Selain itu, menurutnya, NU memiliki visi besar untuk menjaga nilai keagamaan tanpa meninggalkan nilai-nilai tradisi dan budaya masyarakat lokal. Hal itu mendorong masyarakat Indonesia untuk tetap hidup bersama dalam toleransi.

“NU adalah organisasi yang menjunjung nilai-nilai kebangsaan, maka pelaksanaan Muktamar di Lampung ini harus berjalan lancar,” kata dia.

Ini juga di sambut baik oleh Pengeran Cahaya Marga (sai batin marga Ratu Keratuan Ratu Menangsi) “Perhelatan acara kita pada hari ini yaitu syukuran dan doa bersama, dalam rangka menyambut muktamar NU sekaligus menyambung dan menjaga silaturahim kita semua.”

PMII hadir dan Membersamai masyarakat adat, ada ditengah tengah masyarakat untuk bagaimana terus melakukan langkah langkah, dan gerakan gerakan yang kemudian mampu memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat. Masyarakat adat marga ratu keratuan menangsi sangat mengapresiasi dengan langkah langkah adik adik mahasiswa yang mau melebur dengan masyarakat adat. Mahasiswa harus ada digarda terdepan dalam membela kepetingan Rakyat. Semoga kedepan hbungan tali silaturahmi kita tetap terjaga, karna PMII sudah menjadi bagian dari keluarga besar masyarakat adat Marga Ratu Keratuan Ratu Menangsi, ucapnya.

Sementara itu, Ketua PMII Lampung Ahmad Hadi Baladi menyampaikan, selain berdialog dengan para tokoh dan masyarakat adat setempat, pihaknya juga melakukan penyembelihan hewan kurban. Hasil penyembelihan itu kemudian dibagikan kepada masyarakat sebagai wujud syukur bersama.

Agenda ini kami niatkan agar Muktamar NU berjalan dengan sukses,” ungkap Pupung sapaan akrab ketua PKC PMII Lampung.

Tambah Yusuf Kurniawan Ketua PC PMII Lampung Selatan, selain agenda dialaog dan penyembelihan hewan kurban, kami juga melaksanakan ziarah kubur dan membacakan Sholawat Nariyah bersama ketua PKC dan PC PMII Se-lampung dengan masyarakat adat.

Kemudian ia mengajak semua pihak khususnya warga NU untuk terlibat aktif mensukseskan hajat besar tersebut. Sebab, kesempatan menjadi tuan rumah ini merupakan kali pertama bagi provinsi Lampung.(Ambi/rls)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.