Pasien Pertanyakan SOP Pelayanan Puskesmas Pasar Simpang Kota Agung Timur





Tanggamus, aspirasirakyatlampung.com--Pasien pertanyakan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan Puskesmas Pasar Simpang Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, yang mengharuskan pasien dilakukan Swab sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan.

Menurut pasien, dirinya mendaftar untuk mendapatkan pelayanan cek kolesterol dan gula darah, namun oleh petugas pelayanan pendaftaran pasien diarahkan untuk dilakukan Swab terlebih dahulu sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan. Walaupun tanpa gejala terpapar covid-19.

Hal serupa juga disampaikan, Sarah petugas penanggung jawab ruangan, menurut dia, sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan dari petugas puskesmas, semua pasien harus dilakukan Swab terlebih dahulu sekalipun pasien tersebut tanpa gejala covid-19 seperti, batuk pilek, demam dan sesak napas.

Dikatakannya, mereka hanya melaksanakan tugas yang berlaku di puskesmas, SOP pelayanan itu dikeluarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, imbuhnya. Terkait ada informasi dari orang dinas kesehatan yang mengatakan, bagi pasien tanpa gejala covid-19 bisa langsung mendapatkan pelayanan kesehatan, dirinya malah tidak tahu.

"Seharusnya orang dinas yang lebih tahu peraturan itu. Atau telpon saja orang dinasnya, agar dia menghubungi KUPT nya, nanti apa katanya UPTnya kita laksanakn,"Jelasnya. Kamis (24/3)

AspirasirakyatLmpg .com akan mengkonfirmasi dr Linda, Kepala Unit pelayanan Teknis (KUPT) Puskesmas Pasar Simpang, tapi sedang tidak ada diruangan.

Sementara, Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, Bambang Sutejo, melalui pesan Whatsaap mengatakan, bagi pasien yang berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit, yang memiliki gejala Covid-19 seperti, Batuk, Pilek, Demam dan Sesak Napas, untuk kewaspadaan dini bisa dilakukan pemeriksaan Swab RDT dulu, sebelum diberikan pelayanan kesehatan.

" Tapi kalau tidak ada gejala covid-19 langsung bisa mendapatkan pelayanan kesehatan,"Tutupnya.(Suhaili)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.