Iklan lambar

Iklan lambar

Kadis PMD Lamsel Kunjungi Destinasi Wisata Teropong Kota di Desa Sumur Kumbang




Lampung Selatan, Aspirasirakyatlampung.com - Dalam rangka mendorong Desa-Desa Wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lamsel Erdiansyah, SH.,MH, bersama tim Desa Wisata (Desta) mengunjungi tempat Destinasi Wisata Teropong Kota yang terletak di Desa Sumur Kumbang, Kecamatan Kalianda, senin (26/9/2022).

Kadis PMD Lamsel Erdiansyah mengatakan bahwa, destinasi wisata Teropong kota tersebut membawa tema wisata yang berbeda dari wisata yang lainnya. "Destinasi ini khas karna hampir rata destinasi wisata yang ada di Lamsel menawarkan wisata pantai atau Air Terjun, namun Desa Sumur Kumbang memiliki Kekhasan yaitu objek wisata Pegunungan berhawa sejuk dengan View Kota Kalianda, "kata Erdi.

Sementara itu, untuk jarak yang ditempuh menuju lokasi wisata tersebut hanya memakan waktu kurang lebih 10 menit dari pusat kota. " Untuk kelokasi wisata ini, jalannya bisa ditempuh menggukan kendaraan roda dua/empat, dan pastinya juga untuk lahan parkir cukup luas, selain teropong kota, ada kolam renangnya juga, "tuturnya.

Selain itu, lanjut Erdi, Desa Sumur kumbang juga memiliki Destinasi budaya dan religi, seperti Ruwat Bumi tahunan, Petilasan penyebar agama islam Syeh Mansur dan Objek Sumur Kumbang, Kesenian Seni Budaya, Agrowisata Durian, dan terdapat produk umkm khas Seperti Gula aren, emping melinjo, olahan makanan dari durian,produksi Cobek/lumpang batu.

"Yang terkenal Desa Sumur Kumbang merupakan Gerbang  jalur utama pendakian ke Gunung Rajabasa dimana ada pos 1, tentu ini jika dirangkai menjadi paket wisata dan budaya, Desa Sumur kumbang layak menjadi Desa wisata,yang akan membuat tidak hanya wisatawan lokal, namun hingga mancanegara, "lanjutnya.

Sebagaimana diketahui bahwa, Bupati Lampung selatan Nanang Ermanto mempromosikan Lamsel dengan Branding, Promosi, dan Marketing, guna menciptakan destinasi dan objek tujuan kunjungan seperti Track Sirkuit Motor cross Way khagom, Lapangan Lamsel Expo, hingga Agrowisata dan Kecamatan Fair di Desa-Desa tersebut tentunya hal tersebut untuk menarik minat kunjungan wisatawan datang Ke Lamsel.khususnya Kalianda dan sekitarnya.


"Ada 10 Desa Wisata yang telah dilakukan progres yakni Wahana simpur di Desa Kecapi, Air terjun Desa Way Kalam, Way Tebing Cepa (Wtc) Desa Taman Baru, Minang Rua Desa Klawi, Way Tayas Savana Desa Sukaraja. kemudian, yakni Desa Kunjir dengan pantai 1000 Gazebo, Desa Suak dengan pantai yang terkenal Jalur Trabasan Otomotif/ Offroad/Motocross, Gunung Batu Desa Srikaton, Embung Wayratu Desa Negara Ratu, dan Akan kita dorong lagi Agar Sumur kumbang menjadi desa wisata". 


Sementara itu, menurut Pj Kades Sumur Kumbang Ramli, Seblum terjadinya Pandemi covid_19 lalu, wisata Teropong Kota tersebut sangat ramai dikunjungi. "Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, dan bisa di support dengan Dana Desa, Insya Allah Teropong Kota Sumur kumbang akan mulai di Revitalisasi lagi paling lambat akhir tahun, "pungkasnya (Ambi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.