Iklan lambar

Iklan lambar

Luapan Air Semaka Genangi Pemukiman Warga Pekon Tugurejo




Tanggamus, aspirasirakyatLampung .com--Antisipasi air Way Semaka meluap lebih tinggi Kakon pekon Tugu Rejo (Eka Juansyah. S.Pd I ) Semaka himbau warga untuk waspada, utamakan keselamatan diri dan sia-siap mengungsi ke dataran lebih tinggi bila kemungkinan tensitas curah air hujan meningkat serta tingkatkan kewaspadaan, Kamis (27/10/22)

"Luapan sungai Way Semaka, banjir tersebut di duga disebabkan oleh adanya curah hujan dari pukul 18.35 wib s.d 11.30 Wib. Hal ini di sampaikan oleh kepala pekon Tugu rejo Eka Juansyah, hingga sore air belum terlihat tanda-tanda akan surut,Katanya.

Kepada aspirasirakyatLampung .com kepala pekon tugurejo Eka Juasyah mengatakan, belum ada tim dari instansi pemda atau kecamatan yang kontrol mengingat wilayah banjir cukup luas dan ada beberapa titik rawan serta ada nya tanggul yang jebol.

"Bhabinkamtibmas polsek semaka masih terbatas menurut informasi masih berada di wilayah yang dianggap paling vital, dan info nya di salah satu pekon ada tanggul yang jebol, jadi hingga saat ini instansi dari pihak kecamatan controling nya belum sampai ke pekon Tugu Rejo, sebab berada di pekon-pekon yang dianggap lebih rawan.” imbuhnya.

Mengingat, situasi air yang belum memperlihatkan akan surut, Eka menghimbau kepada warganya serta mempersiapkan lokasi pengungsian yaitu di rumah-rumah warga yang berada di dataran lebih tinggi serta tidak terdampak dari luapan air Way Semaka.

"Bagi rumah yang terendam warga mungkin akan di ungsikan ke rumah warga yang tempatnya di dataran lebih tinggi dan tidak terkena dampak banjir. Yaitu di Rt 04 atau dusun 2 untuk antisipasi sementara bila ada banjir susulan, namun hingga sore ini belum kalau kita ungsikan, itu untuk antisipasi bila terjadi banjir susulan, ” Tutur pak Kakon.

Sebelumnya, sudah pernah terjadi banjir yang melanda pekon Tugurejo 2 Minggu yang Lalu di bulan yang sama, dan banjir susulan ini Tinggi Volume air ± 30 cm – 50 cm. Untuk sementara Rumah Warga yang terdampak banjir sejumlah ± 30 Rumah di Wilayah RT.001, RT.002, RT.005 dan RT.003.

Untuk sementara informasi yang kami dapat pada Pukul 13.36 Wib Kamis, 27/10/2022 dampak air banjir ini belum ada yang masuk ke Rumah Warga.

Di kesempatan itu Eka Juansyah menghimbau kepada warganya khususnya pekon tugurejo agar bersama - sama waspada adanya banjir susulan di musim penghujan pada bulan-bulan ini,"Tutupnya.

(Suhaili)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.