Iklan lambar

Iklan lambar

MusrenbangDes Tahun Anggaran 2023, Ini Program Usulan Prioritas Pemdes Kuripan




Lampung Selatan, Aspirasirakyatlampung.com - Pemerintah Desa Kuripan Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Des) dalam rangka membahas dan menyepakati Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Des) tahun anggaran 2023, selasa (4/10/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung diaula kantor desa setempat dihadiri Camat penengahan, KUPT Kesehatan, KUPT Perpajakan, KUPT Peternakan, Kepala Desa Kuripan, Pendamping Desa, Babinsa Serda Riwadi.N, Babinkamtibmas Briptu krisna, Ketua BPD, Para aparatur Desa dan masyarakat Desa Kuripan.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kuripan Suhatsyah menyampaikan beberapa program usulan pada bidang - bidang tertentu di pemerintah Desa Kuripan yang diprioritaskan dalam MusrenbangDes tahun anggaran 2023 kali ini.

"Pertama dibidang penyelanggaraan pemerintahan desa yakni penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa , Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa , Penyediaan Jaminan Sosial Bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa, Penyediaan Operasionla Pemerintah Desa, Penyediaan Tunjangan BPD , Penyediaan Operasional BPD , Penyediaan Insentif  Operasional RT/RW , Pelayanan dan Administrasi Umum dan Kependudukan , Penyusunan Pendataan Pemutakhiran Profil Desa Tata Praja Pemerintahan, Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan Adminstrasi Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) "terangnya.

Selanjutnya pada bidang pelaksanaan pembangunan Desa yakni Penyediaan insentif Guru PAUD, TK dan Guru Ngaji, dukungan penyelenggaraan PAUD pengelolaan perpustakaan milik desa , penyelenggaraan posyandu ( makanan tambahan, kelas bumil lansia, insentif ) , penyelenggaraan desa siaga kesehatan , penyediaan sarana air bersih ( sumur air dalam ) , peningkatan kapasitas jalan ( cor beton ) , pengelolaan sampah desa penyediaan / pembangunan sanitasi total berbasis masyarakat ( STBM ).

Kemudian di bidang pembinaan kemasyarakatan, yakni penyediaan insentif  linmas , dukungan penyelenggaraan kegiatan kebudayaan dan keagamaan , dukungan kegiatan kepemudaan dan olahraga , pembinaan lembaga adat , penyediaan operasional lpm , pembinaan PKK .

Sementara untuk program dibidang pemberdayaan masyarakat yakni peningkatan kapasitas aparatur desa , perberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga , penguatan ketahanan pangan desa dan juga bidang penanggulangan bencana, darurat dan mendesak desa.

Ia berharap beberapa ajuan dan usulan yang diprioritaskan pemerintah desa tersebut dapat terealisasi ditahun 2023 mendatang. "Mudah-mudahan beberpa usulan kita tersebut dapat terealisasi, semoga tahun depan masih ada dana desa. Harapan kita juga ditahun 2023 pemerintah desa dapat diberi wewenang untuk mengelola anggararan tersebut,"harapnya.

Diakhir sambutannya Suhatsyah mengajak warga masyarakat untuk bersama - sama mendukung program pemerintah dalam menangani masalah virus covid _19. "Mari bersama-sama kita berdoa semoga covid ini segera selesai, dan ditahun depan sudah terbebas, "ujarnya.

Pada kesempatan itu, Camat Penengahan Jaelani, S.STP, MH  memberikan apresiasi terhadap kinerja kepala desa kuripan yang telah mampu merealisasikan infrastruktur pembangunan fisik rabat beton sepanjang 180 meter pada tahun 2022 ini. "Luar biasa pak kades masih bisa membangun fisik , artinya ditengah situasi yang sangat sulit ini Desa Kuripan mampu melaksanakan pembangunan. "Ungkapnya.

Di kesempatan ini Jaelani juga menjelaskan tentang beberapa perencanaan program dari Pemerintah pusat terutama di wilayah kabupaten lampung selatan untuk di tahun 2023.

"Yang pertama adalah pemulihan ekonomi nasional maksimalnya 25%, perencanaan bagi BUMDes yang menghasilkan PAD, ada dana operasional pemerintahan desa sebesar 3%, ada program percepatan penurunan stunting, Desa diminta menyiapkan anggaran tambahan minimal selama 3 bulan untuk membantu anak anak yang beresiko stunting, kemudian ada program lumbung gizi desa (bugisa), "jelasnya.

Selanjutnya, terdapat program desa wisata, program digitalisasi desa melalui web smartvilage operasional hosting, perluasan akses kesehatan, swasembada sekolah, dan indikasi tunjangan alam. " Tunjangan alam tersebut seperti bencana alam, banjir, tanah longsor, dan musibah kebakaran, "pungkasnya. (Ambi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.