Iklan lambar

Iklan lambar

Pengarahan Gubernur lampung Dalam rangka pengantar Tugas Pejabat Bupati Lampung Barat



Lampung Barat, AspirasiRakyatLampung. com Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat (Lambar) Drs. H. Nukman,M.M me:ngikuti penilaian Penjabat kepala daerah triwulan I dan guna pemantapan pelaksanaan tugas-tugas penjabat kepala daerah yang dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara Zoom Meeting, di Ruang Rapat Sekincau, Selasa (20/12/2022).


Turut hadir mendampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Nukman, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama, Kepala Perangkat Daerah dan diikuti 96 Penjabat dari berbagai Kabupaten. 


Dalam arahannya Tito Karnavian menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Mendagri untuk melakukan evaluasi kepada Penjabat Darah sekaligus memberi arahan dan masukan terhadap Penjabat yang telah dilantik. 


Karena menurut aturan yang berlaku di Indonesia, Penjabat menjabat selama satu tahun, namun kedepannya dapat diperpanjang dengan orang yang sama atau beberda, dengan melewati proses setiap tiga (3) bulan akan dilakukan evaluasi dan laporan kegiatan. 


"Penjabat harus menyampaikan laporan kegiatannya kepada Mendagri melalui gubernur," Kata Tito Karnavian. 


Dirinya berharap Penjabat Daerah yang telah dilantik dapat melakukan tugas dengan efektif sesuai dengan tupoksinya, bekerja lebih baik dari Kepala Daerah definitif. 


"Saya tidak mengatakan Kepala Daerah sebelumnya berprestasi buruk, namun Penjabat diharapkan dapat menunjukkan kinerja lebih baik lagi," Harap Tito Karnavian. 


Pada kesempatan itu juga, Komisaris Jenderal Polisi Drs. Tomsi Tohir Balaw, M.Si menjelaskan aspek penilaian terhadap Penjabat Daerah. 


"Dalam penilaian terdapat tiga aspek yakni pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan," Kata Tomsi Tohir Balaw. 


"Dalam penilaian tidak hanya dilihat secara ceremonial saja namun secara angka ril baik kualitas maupun kuantitas setiap pemaparan harus ada bukti pendukungnya," Sambunya. 


Lanjut Tomsi, dengan adanya penilaian tersebut diharapkan kedepannya Penjabat yang telah dilantik menunjukkan kinerja lebih baik. 


Penjabat Bupati Lambar Nukman menjelaskan kegiatan tersebut untuk mendengarkan secara langsung bagaimana arahan dari Mendagri Tito Karnavian kepada seluruh Penjabat Kepala Daerah. 


"Hari ini kita mengikuti arahan dari Mendagri, tentu sangat penting bagi kita bagaimana memahami sepenuhnya tugas dan fungsi serta kewajiban penjabat kepala daerah," Terang Nukman. 


"Selain itu kegiatan ini dalam rangka pemantapan dan evaluasi, fungsi dan kewajiban penjabat kepala daerah sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar," Pungkasnya.(Marni)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.