Iklan lambar

Iklan lambar

IGTKI Kecamatan Penengahan Mengadakan Kegiatan Penyusunan IKM Tahun 2023 Secara Mandiri



Lampung Selatan, Aspirasirakyatlampung.com - Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menyelenggarakan kegiatan penyusunan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri dengan diikuti seluruh kepala dan Guru TK se Kecamatan Penengahan, jum'at (20/1/2023).

Kegiatan itu berlangsung dirumah makan Deshintya Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan Lamsel dan dihadiri Korwil Kecamatan Penengahan Robani, S.Pd.MM, Pengawas TK Kecamatan Penengahan Dita M.Pd, Narasumber Ardita M,Pd, Linda Anggraini S,Pd, Anik Sriwahyuni S,Pd, Ade Anisa, para peserta guru dan kepala TK se Kecamatan Penengahan.

Dalam hal ini, IGTKI Kecamatan Penengahan berkalaborasi bersama pengawas program sekolah penggerak (PSP) dan Dewan Guru penggerak dengan jumlah peserta yang hadir yakni 38 orang.

Dalam sambutannya, Pengawas TK Kecamatan Penengahan Dita M.Pd, mengatakan bahwa di Kecamatan Penengahan sebelumnya masih menggunakan kurikulum K-13.  "Penerapan IKM ini dimulai pada tahun 2023, seluruh Paud terutama khususnya Dikecamatan Penengahan,"katanya.

Kemudian dari pada itu, lanjutnya , untuk rancangan landasan utama serta standar pendidikan dari kurikulum IKM ini tidak jauh berbeda dari K-13.

 "Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan Kurikulum Merdeka ini, jadikan pertemuan ini untuk memperdalam ilmu dan pengetahuan kita tentang IKM, "lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua pelaksana kegiatan IKM Anisa khoirina S.Pd, menerangkan bahwa untuk menghadapi IKM tersebut, maka diadakannya Workshop Penyusunan IKM.  "Bagaimana cara penyusunan IKM itu seperti apa, agar semua guru-guru TK Paud tau cara membuat perangkat pembelajaran, "terangnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menambah pemahaman serta pengetahuan tentang penyusunan IKM. "Harapan kita supaya TK-Paud di Kecamatan Penengahan ini lebih mandiri dan paham cara penyusunan kurikulum ini, biar semua TK yang ada di Kecamatan Penengahan ini menjadi lembaga yang hebat dan menjadi contoh positif bagi Kecamatan yang lain, "harapnya.

Sebagai Narasumber Linda Anggraini S.Pd, mengapresiasi serta sangat mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini. "Untuk kegiatan ini saya sangat mendukung karena diadakan secara mandiri oleh IGTKI Penengahan, jadi didalam kegiatan ini kami secara mandiri akan belajar mengenai kurikulum merdeka, yang memang daat ini sedang di galakkan oleh pemerintah pusat, "ujarnya.

Dirinya juga berharap, dengan adanya kegiatan ini semua lembaga pendidik khususnya TK-Paud di Kecamatan Pengahan dapat memahami lebih dalam tentang IKM. "Karena ini membuat penyusunan kurikulum satuan operasional pendidikan dan juga membuat perencanaan harian dari program sekolah masing-masing jadi kita tuangkan disitu, "tuturnya.

Selain sebagai wahana untuk pertemuan guru-guru, lanjut Linda, kegiatan ini juga dapat mempererat tali silahturahmi. "Karena mungkin dari kegiatan inilah guru- guru paud bisa berkumpul, saling bertukar pikiran dan berkalaborasi, "pungkasnya (Ambi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.